Sumpah Pemuda, Perlu Dimaknai Kembali

Sumpah yang diucapkan para pemuda 81 tahun lalu, secara faktual sudah terealisasi. Satu Nusa, Satu Bangsa, dan Satu bahasa, Alhamdulillah semuanya telah kita rasakan saat ini.

Namun demikian, mimpi negara kesatuan yang akan memakmurkan dan mensejahterakan rakyatnya, tampaknya masih jauh dari harapan. Begitu banyak problem ekonomi, sosial, pendidikan, kesehatan, dan yang lainnya, melekat erat dala kehidupan sehari-hari rakyat Indonesia. Mengurai semua masalah itu tidaklah mudah dan sederhana, dikarenakan kompleksitas dan volume masalah yang terlanjur besar dan masif.

Adakah harapan untuk hari esok yang lebih baik? ada, dan wajib ada. harapan itulah yang menjadi “guide” untuk berpikir cerdas, visioner dan kreatif. dan, 3 hal itu hanya bisa kita harapkan muncul dari kalangan muda. Mengapa demikian? sebagian besar generasi tua negeri ini sudah terbelenggu kepentingan sempit kelompok maupun golongan. Jiwa nasionalisme terkalahkan oleh kepentingan sesaat.

Sumpah Pemuda kali ini sudah semestinya menjadi sarana pengingat bagi para kaum muda untuk sadar dan memiliki kepedulian atas masalah bangsa, dan tampil di depan mencari solusi kebangsaan, demi terwujudnya masyarakat makmur, sejahtera, dan berkeadilan.

About Samsul Hadi

Penggiat UKM

Posted on 29 Oktober 2009, in Uncategorized and tagged , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: