Pemerintah Siapkan 5 Kebijakan Bagi KUMKM

Pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan UKM mengusung 5 langkah kebijakan bagi pemberdayaan secara optimal koperasi dan usaha mikor, kecil dan menengah hingga 2014 yang terkait dengan rencana pembangunan jangka panjang.

Lima langkah kebijakan untuk pemberdayaan koperasi dan usaha mikro, kecil dan menengah (KUMKM) tersebut masing-masing meningkatkan iklim usaha kondusif bagi KUMKM, mengembangkan produk pemasaran KUMKM, Mengembangkan produk dan pemasaran bagi KUMKM, peningkatan daya saing Sumber Daya Manusia KUMKM, serta perkuatan kelembagaan koperasi.

Arah kebijakan penguatan kelembagaan koperasi ditujukan untuk pengembangan praktek berkoperasi yang sesuai dengan nilai dan jati diri koperasi. Alur pikir kerangka pemberdayaan KUMKM dilaksanakan berdasarkan rencana pembangunan jangka panjang (RPJP) 2005-2025 sesuai dengan Undang-undang Nomor 17 Tahun 2007 tentang pemberdayaan pelaku KUMKM.
Namun pada tahap pertama kerangka kerja itu dilaksanakan hingga 2014. Tema yang diusung hingga 2014 adalah bangkitkan daya saing KUMKM. Kemudian visi pengembangannya adalah KUMKM sehat dan kuat sesuai dengan key development milestones atau tonggak utama pembangunan.

Adapun target utama dalam key development milestones melalui peranan KUMKM mencakup peningkatan nilai ekspor hingga 20%. Kemudian peningkatan koperasi berkualitas sebesar 2% per tahun, sistem informasi KUMKM secara online.

Selanjutnya mendistribusikan dana kredit usaha rakyat (KUR) sebesar Rp20 triliun per tahun, menciptakan 1.000 sarjana wirausaha baru per tahun, menetapkan 3 koperasi skala besar pada setiap provinsi dan menyelesaikan pengembangan 100 program obe village one product (OVOP).

About Samsul Hadi

Penggiat UKM

Posted on 28 Juli 2011, in UMKM. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: