Spirit Baru Satgasda KKMB Jatim

Bulan puasa tahun 2011 memberikan warna baru bagi perjalanan BDS-P/KKMB Jawa Timur. Hal tersebut tercermin dari munculnya beberapa dinamika dan langkah baru dalam mendukung peran BDS-P/KKMB Jawa Timur. Dinamika tersebut antara lain terlihat dari perubahan struktur penanggungjawab SATGASDA KKMB Jawa Timur yang sebelumnya di nakhkodai oleh Bpk. Sony Wibisono yang telah memasuki masa pensiun di gantikan oleh pejabat baru Bpk. Sarwanto.

Selain diberi wewenang sebagai ketua harian Satgasda KKMB Jawa Timur, Bpk. Sarwanto juga menjabat sebagai Deputi Pemimpin Bank Indonesia Bidang Perbankan dan Ekonomi Moneter. Posisi tersebut menjadi strategis karena wilayah tanggungjawab ketua satgasda secara definitif juga langsung berhubungan dengan pihak perbankan.

Sebagai pejabat baru, Pak Sarwanto tampak sekali sangat paham terhadap BDS-KKMB. Pengalaman dia yang panjang di berbagai daerah (salah satunya sebagai PBI Kendari) memberi bekal yang cukup untuk bisa menggerakkan roda Satgasda KKMB di Jatim. Sifat beliau yang terbuka, berselera humor cukup tinggi, dan mau mendengarkan, semoga bisa menjadi pintu efektif bagi partisipasi semua pihak dalam memajukan peran bDS-KKMB untuk pemberdayaan KUMKM di Jawa Timur.

Dinamika lain yang lahir adalah perpindahan kantor satgasda KKMB Jawa Timur dari Lt. 5 Gedung Bank Indonesia ke Gedung ex Musium Mpu Tantular yang terletak di tengah kota. Perpindahan tersebut menjadi strategis karena lokasi yang cukup mudah di jangkau dan juga dapat membawa spirit baru bahwa tanggung jawab KKMB tidak hanya di pundak Bank Indonesia namun juga berada di seluruh pihak yang berhubungan dan terkait dengan pengembangan ekonomi kemasyarakatan. Dengan adanya gedung baru tersebut, diharapkan segala aktivitas KKMB Jawa Timur dapat terlaksana secara efektif dan memberikan dampak lebih besar terhadap perkembangan perekonomian masyarakat khususnya di Jawa Timur.

Seiring dengan pergantian pejabat teras di Satgasda KKMB Jawa Timur serta perpindahan kantor baru, disampaikan juga beberapa program awal yang diharapkan dapat menjadi spirit baru bari perjalanan KKMB Jawa Timur. Penjelasan tim satgasda tentang beberapa program yang akan dijalankan juga cukup menarik. mereka mulai “terbuka” untuk share berbagai aktivitas yg akan dilaksanakan oleh Satgasda.ini tentu juga merupakan “babak baru” cara mengelola satgasda di Jatim. Beberapa program yang diinformasikan antara lain :

–       – pelatihan BDS-KKMB untuk penanganan sertifikasi tanah.

–       – pilot proyek penyediaan jasa pembukuan bagi UMKM oleh BDS-KKMB

Dengan munculnya babak baru pengelolaan satgasda KKMB Jawa Timur, tentunya tetap ada catatan kritis yang perlu menjadi perhatian Pengurus satgasda KKMB, diantaranya adalah kompetensi BDS-P/KKMB dan pola hubungan bank dengan KKMB yang sampai hari ini masih seperti tom dan jerry. Saling membutuhkan namun belum bisa berkorelasi dan berhubungan dengan baik. Dua catatan tersebut hendaknya menjadi PR utama yang harus terselesaikan oleh ketua harian  Satgasda KKMB Jawa Timur di era baru kepemimpinannya.

Selamat datang pak Sarwanto.

Selamat bergabung di komunitas BDS-KKMB Jatim.

Semoga kehadiran bapak bisa memberi “warna baru” bagi kami semua.

 

About Samsul Hadi

Penggiat UKM

Posted on 23 Agustus 2011, in BDS/BDSP, KKMB, Pendampingan. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: