5 Trik Simpel Mengoptimalkan Bisnis Anda

Kristen Fischer, penulis buku ‘Creatively Self-Employed’, menjabarkan lima cara untuk mengoptimalkan bisnis sesuai dengan business plan yang telah dibuat.

1. Finansial
Setelah mengumpulkan data-data mengenai modal yang dimiliki dan budget yang akan dikeluarkan, Anda harus memperkirakan berapa untung dan rugi yang akan terjadi. Informasi modal, pengeluaran hingga proyek yang akan dilaksanakan memiliki estimasi secara kasar. Akan lebih baik lagi jika Anda memiliki sistem akuntansi yang baik untuk operasi harian dari usaha yang berjalan.

2. Web
Hampir semua bisnis saat ini sudah menggunakan web untuk kelancaran aktivitas. Bahaslah tujuan membuat situs perusahaan dengan para rekan kerja atau ahlinya. Apa yang ingin Anda sampaikan, uang yang harus dikeluarkan untuk membuatnya, hingga sistem pembayaran via online adalah pertanyaan yang harus dijawab oleh diri sendiri. Dengan menetapkan tujuan yang detail, pemasaran pun akan terbantu.

3. Strategi Tim
Dalam sebuah bisnis, diperlukan kerja tim yang terkoordinasi dengan baik. Tiap orang memiliki kewajiban dan tanggung jawabnya masing-masing terhadap pekerjaannya. Masukkan pula target dalam kurun waktu tertentu di tiap departemen agar terlihat aspek mana saja yang sudah berjalan lancar, perlu dikembangkan ataupun perlu perbaikan. Dengan memberikan kesadaran tinggi kepada para staf akan peranan mereka, maka semakin jelas pula rencana untuk mengembangkan perusahaan.

4. Promosi Produk
Ketahuilah dengan baik kelebihan dari produk Anda. Dengan begitu promosi yang dilakukan akan tepat sasaran. Hal yang perlu diperhatikan adalah target pasar, keuntungan yang diberikan produk, hingga kompetisi pasar. Jabarkan dengan detail untuk menentukan cara promosi yang tak hanya benar, namun juga tepat sasaran.

5. Riset market
Lakukan perbandingan dengan produk kompetitor, mulai dari taraf lokal; area, kota, negara hingga internasional. Pelajari apa saja kelebihan yang diberikan sekaligus kekurangannya. Jika ada kompetitor langsung yang menguasai daerah yang sama, tonjolkan kelebihan produk/jasa dengan mempelajari lebih lanjut kecenderungan pembeli. Dengan melakukan hal ini, strategi yang telah dibuat menjadi efektif sesuai rencana awal.

About Samsul Hadi

Penggiat UKM

Posted on 16 September 2011, in ekonomi, Tip & Trik, UMKM. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: