Memperkuat PSP-KUMKM Sebagai MESO BDS

Sedari awal, saya bersama pak Zabadi dan prof Ravik menyepakati untuk membangun sebuah BDS Resource-Center yang berbasis di Solo. inilah BDS Resource-Center pertama dan satu-satunya di Indonesia. dan keberadannya menjadi pendukung strategis bagi terwujudnya UNS sebagai kampus UKM. sekaligus sebagai MESO BDS yang mampu meningkatkan kualitas dan kuantitas BDS di Indonesia.

 

Melalui mekanisme di internal UNS Surakarta, akhirnya muncullah nama PSP-KUMKM yang diresmikan oleh pak Menteri bulan Juni 2011 lalu. PSP-KUMKM adalah bentuk baru/penjelmaan BDS LPPM UNS. dengan struktur yang lebih lengkap, dan tugas dan peran yang lebih luas. hampir semua pengelola BDS LPPM UNS diboyong ke PSP-KUMKM.

 

dalam umurnya yang belum genap 6 bulan, lembaga ini telah mendapat kepercayaan luarbiasa.

pertama, dipercaya oleh kementerian koperasi untuk menyelenggarakan kegiatan peningkatan kompetensi 400 BDS dari seluruh Indonesia di tahun 2012 ini. direncanakan start bulan maret 2012.

kedua, melalui upaya pak Rektor, memperoleh hibah dari Mendikbud berupa gedung 4 lantai untuk kantor dan kegiatan operasional PSP-KUMKM. gedung ini akan dibangun dan bisa ditempati di tahun 2012 ini juga.

ketiga, dipercaya oleh BNI untuk membangun model pengembangan usaha mikro berbasis dukungan pembiayaan. setiap konsultan/BDS akan memperoleh kredit rp 100 juta dari BNI untuk disalurkan ke usaha mikro binaan konsultan tersebut.

keempat, dipercaya oleh HIPMI untuk selenggarakan secara bersama-sama selenggarakan pameran CSR/PKBL di bulan februari nanti.

 

Dan, PSP-KUMKM segera unjuk gigi dengan selenggarakan 1st UNS MSME SUMMIT and AWARD 2012 tanggal 16-19 februari di solo.

 

melihat itu semua, apakah kawan2 BDS akan tetap duduk manis sebagai penonton?

bila ya, anda pasti rugi besar. anda tidak memperoleh manfaat dari keberadaan PSP-KUMKM.

 

Lalu, apa yang bisa kita lakukan untuk memperkuat PSP-KUMKM ini?

usulan saya:

– memperkuat BDS library di PSP-KUMKM. Koleksi berbagai dokumen penting terkait BDS dan UKM yang anda miliki, bisa di share ke PSP-KUMKM. lebih baik dalam bentuk softcopy, agar tidak muncul biaya yang besar dan memberatkan.

– bergabung di Consultant Pool PSP-KUMKM. mari kita tunjukkan bahwa BDS memiliki sumberdaya manusia yang hebat dan pilihan.

– Menjadi pendiri MASYARAKAT UMKM / UMKM Community. sebuah forum dunia datar beranggotakan orang/lembaga yang perduli terhadap pemberdayaan UMKM, yang concern mewujudkan dirinya sebagai KOMUNITAS BERBAGI.

– Training provider. anda bisa bergabung dg PSP-KUMKM dengan bekerjasama menyelenggarakan training tertentu yang anda kuasai dan memang dibutuhkan oleh UMKM.

– Sharing Good Practices. saya yakin anda punya pengalaman segudang dalam memberdayakan UMKM. dan itu semua adalah harta yang tak terhingga.

anda bisa menambahkan daftar usulan tersebut dengan berbagai ide segar lainnya.

 

selamat menghadapi tantangan….

 

About Samsul Hadi

Penggiat UKM

Posted on 7 Januari 2012, in BDS/BDSP, Kemandirian Bangsa, UMKM and tagged , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: