Pelepasan Calon Pengusaha Sapi – Komunitas Bangun Mandiri

Wisuda KBM Sapi

Komunitas Bangun Mandiri (KBM) sebuah program yang membekali para pemuda yatim ketrampilan bisnis yang digagas oleh Mandiri Enterpreneur Center Yayasan Yatim Mandiri dengan dukungan konsultasi dari PEACBromo secara resmi telah mencetak 13 calon wirausaha peternakan sapi.

Pelepasan calon wirausaha ditandai dengan acara wisuda setelah mereka selama 10 bulan mengikuti program ini. Bertempat dibalai desa Branbowan kecamatan Ngasem Bojonegoro (22/12/2011)  sebanyak seratus undangan hadir baik dari instansi pemerintah, dinsos, NGO hingga undangan dari MCL perusahaan koorporasi ekplorasi minyak blok cepu. Para undangan menyimak acara yang dirangkai dengan presentasi bisnis dari peserta terbaik yakni Suminto dan Hamdan Habibi.

Dalam presentasinya, Suminto, peserta terbaik mengatakan, dirinya bersama anggota kelompoknya telah mendapatkan ketrampilan bisnis penggemukan sapi serta akses pemasaran baik pasar hewan local, maupun pasar Jakarta, sehingga dirinya siap untuk mengelola sapi dari invetor, ujarnya.

Hal senada dikatakan Hamdan Habibi, peserta terbaik kedua, yang telah menyiapkan kandang dengan kapasitas 20 ekor di Malo Bojonegoro, yang akan dikelola bersama rekan-rekan alumni KBM dengan system bagi hasil kepada calon investor.

Program KBM ini sendiri telah membekali pesertra ketrampilan bisnis penggemukan sapi yang meliputi pemilihan bakalan, manajemen kandang, pembuatan pakan,kesehatan hewan hingga pembuatan kompos. Peserta sendiri telah praktek secara langsung penggemukan sapi dan pemeliharaan sapi dari investor dengan total 16 ekor sapi yang keuntungannya mencapai lebih dari sepuluh juta.

About Samsul Hadi

Penggiat UKM

Posted on 22 Desember 2011, in BDS/BDSP, kewirausahaan, Pendampingan, Peternakan and tagged . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan komentar